Cara Membuat Baceman Bawang Putih

Cara Membuat Baceman Bawang Putih – Bawang putih merupakan sebuah bahan makanan yang menjadi bagian penting dari banyak masakan yang ada di seluruh dunia dan tentu saja memiliki tempat istimewa di hati para pecinta kuliner. Salah satu yang sering digunakan pada masyarakat Indonesia yaitu minyak baceman bawang. 

Minyak ini tuh sangat aromatis memberikan rasa yang lezat pada hidangan dan juga memberikan banyak manfaat di pada kesehatan. Nah, di artikel kali ini gue akan mencoba membuat minyak baceman bawang dimulai dari persiapan penggunaan cara masak dan lain-lain. yuk capcuus

Males baca? Langsung Loncat Resep. Jangan Lupa kasih rating via komentar ya! Kalau gambar tidak load, silahkan reload websitenya!

Kok Bisa Sih Minyak Baceman Bawang Terkenal?

minyak baceman bawang
Foto dokumentasi dari luvne.com, dilarang mengambil gambar dan mempublikasikan tanpa memberikan link back DOFOLLOW ke theatlantamall.com

 

Emang gak salah sih minyak baceman bawang tuh udah jadi favorit orang Indonesia. Lo lihat deh abang-abang nasi goreng pasti pakai minyak baceman bawang. Nah, minyak baceman bawang tuh bisa ngasih rasa gurih dalam masakan ditambah dengan renyahnya bawang putih sehingga ngasih sensasi gitu di lidah.

Lo pernah nyium abang-abang nasi goreng pas lagi masak nggak? Nah itu yang namanya wangi minyak baceman bawang!

Penyebaran Minyak Baceman Bawang

Emang sih baceman bawang tuh asalnya dari negara Indonesia, tapi lu tahu nggak sih, ternyata minyak baceman bawang itu populer loh di berbagai negara.

Nama kerennya itu kalau di luar negeri adalah infused garlic oil dan ini tuh sering dipakai di restoran-restoran luar negeri

Popularitasnya itu makin naik karena sering dengan kemajuan teknologi sehingga akses informasi lebih mudah ditemukan khususnya di platform seperti media sosial ataupun cari di search engine alias mbah google. Biasanya sih orang-orang cari resep online terus buat sendiri di rumah kayak gue.

Apa Sih Minyak Baceman Bawang

Cara Membuat Baceman Bawang Putih
Foto dokumentasi dari theatlantamall.com, dilarang mengambil gambar dan mempublikasikan tanpa memberikan link back DOFOLLOW ke theatlantamall.com

 

See also  Resep Tahu Cabe Garam Simple Anti Gagal

Minyak ini tuh sering banget digunakan sebagai bahan masakan tradisional Indonesia. Buatnya tuh gampang banget Lu cukup rendam bawang putih di dalam minyak jadi rasa dan aroma bawang putih itu akan nyampur di minyak tersebut. Nah proses ini yang akan memberikan rasa yang enak serta aroma bawang putih yang mantap. Gua juga seneng banget pakai minyak baceman bawang untuk masakan sehari-hari buat anak dan suami gue.

Pas digigit bisa ngasih perpaduan antara rasa manis dan sedikit pedas dan aromatic gitu lah , intinya sih jadi tambah enak. ehehe.

Manfaat Dalam Minyak Baceman Bawang

Namanya bawang putih pasti dapat banyak manfaat kesehatan di dalamnya. Menurut Wikipedia bawang putih ini mengandung antimikroba, antiinflamasi, dan antioksidan sehingga bermanfaat untuk kesehatan jantung kekebalan tubuh dan kolesterol. Tapi ini bukan berarti minyak baceman bawang boleh digunakan sebagai pengganti nasihat medis ya gaes.  Berikut manfaatnya :

  1. Meningkatkan Rasa: dengan menggunakan minyak baceman bawang pada masakan, lu tuh bisa ngasih rasa yang lebih gurih sedikit manis dan agak crunchy pedas ya, Sehingga ada dimensi rasa yang beda gitu pada masakan
  2. Menambahkan Aroma: Emang yang namanya aroma khas dari bawang putih dapat memberikan keharuman yang menggugah selera saat dimasak dan disajikan.
  3. Memperkaya Nutrisi: bawang putih mengandung nutrisi ya kayak vitamin C B6 serat dan antioksidan jadi ya baiknya lu pakai aja lah Lumayan untuk menjaga kesehatan
  4. Mempermudah Menumis Bawang Putih: Jadi pas lu masak yang butuh bawang putih cincang lu udah nggak kudu lagi tuh yang namanya motong-motong, cincang-cincang lagi dari awal. Lo tinggal ambil aja dari minyak baceman bawang yang sudah lo buat. Cincai say!

Kegunaan Minyak Baceman Bawang Pada Masakan

Minyak baceman bawang tuh selain ngasih rasa dan aroma yang khas pada masakan,juga memiliki kegunaan yang lebih luas. Nih gua kasih tabel aja mengenai beberapa contoh penggunaan minyak baceman bawang dalam masakan

No. Jenis Masakan Alasan Penggunaan Manfaat
1. Sayuran Tumis Menambahkan cita rasa yang lezat Memberikan rasa gurih dan aroma khas bawang
2. Mie Goreng Meningkatkan cita rasa mie Memberikan sentuhan pedas dan aroma bawang
3. Nasi Goreng Menambahkan aroma dan rasa yang khas Membuat nasi goreng lebih lezat dan sedap
4. Sup Membuat sup lebih beraroma Menyempurnakan rasa sup dengan bawang
5. Tumis Ayam Memberikan rasa yang lezat pada ayam Meningkatkan kelezatan dan aroma hidangan
6. Seafood Grill Menyempurnakan rasa seafood Menghadirkan sensasi bawang pada hidangan
7. Sambal Memberikan rasa dan aroma khas sambal Menambahkan kompleksitas rasa pada sambal
See also  Resep Ayam Teriyaki Rumahan (Saus Saori, Kikkoman, Dll)

 

Baca juga : Resep Tahu Cabe Garam

Tips membuat minyak baceman bawang

Cara Membuat Baceman Bawang Putih
Foto dokumentasi dari theatlantamall.com, dilarang mengambil gambar dan mempublikasikan tanpa memberikan link back DOFOLLOW ke theatlantamall.com

 

Kalau emang lu mau buat minyak baceman bawang nih sedikit tips-tipsnya

  1. Pilih bawang yang bagus: Ya iyalah pilih bawang yang bagus dan masih segar jadi hasilnya berkualitas. Masa iya lu bawang yang udah rada-rada hitam masih bae dipakai.
  1. Potong bawang kecil-kecil: ini untuk mempermudah rasa dari bawang putih masuk ke dalam minyak. Karena ini nanti motongnya bakalan banyak jadi sebaiknya lu bisa pakai alat-alat rekomendasi yang bakal gua kasih nanti di bawah
  1. Jangan sampai bawangnya basah: setelah mencuci bawang putih, Lu harus pastiin si bawang putih itu benar-benar kering dengan cara ditiriskan menggunakan tisu kering sebelum mencincangnya.
  1. Gunakan toples yang rapat : pastikan toplesnya kedap udara, kering dalamnya, kemudian Simpan di tempat yang sejuk dan kering. Kalau lu nyimpannya bener bisa tahan sampai 7 hari.

Alat untuk membuat minyak baceman bawang

Berikut beberapa rekomendasi alat dari gue untuk membuat minyak baceman bawang supaya nanti lo nggak ribet 1 . Chopper elektrik: Jika punya budget lebih lu bisa pakai chopper elektrik untuk mempercepat proses penghalusan dengan tekstur yang kasar chopper mitochiba

Pro

  • ✅Food chopper, food processor, blender
  • ✅Bisa untuk bawang, daging, es serut

Cons

  • ❌Harga lebih mahal
  • ❌Tambahan Biaya Listrik

  2 Chopper Manual: untuk ukuran yang lebih kecil dari food processor lu bisa pakai Chopper aja sih Soalnya lebih murah lagian juga untuk buat minyak baceman bawang nggak perlu alat yang besar-besar kok. Lu bisa dapat ini di shopee sekitar 10 ribuan untuk chopper manual

Pro

  • ✅Harga lebih murah
  • ✅praktis

 

Cons

  • ❌Kapasitas lebih kecil
  • ❌Capek karena manual

  3. Blender: kalau emang di rumah punyanya blender ya nggak apa-apa dipakai aja, tapi hati-hati karena bisa kebablasan halusnya. Ingat untuk membuat minyak baceman bawang, bawang putihnya itu dicincang kasar ya Pro

  • ✅Hasil mantep untuk cincang
  • ✅Mudah dan praktis
See also  Resep Ayam Teriyaki Rumahan (Saus Saori, Kikkoman, Dll)

Cons

  • ❌Dijual terpisah
  • ❌Harus punya blender dulu

4. pisau: Jika di rumah adanya hanya pisau, Ya udah gass aja langsung cincang kasar Bawang Putih yang ada. Pakai kacamata Biar mata lu nggak kepanasan.

Pro

  • ✅Harga lebih murah
  • ✅Bisa lebih menyesuaikan besar kecilnya

Cons

  • ❌Butuh waktu lebih lama
  • ❌Mata panas kalau cincang bawang

  Berikut gua kasih tabel perbandingan penggunaan alasan dan manfaat dari alat-alat yang tadi gue sebutin dalam pembuatan minyak baceman bawang ya

Alat Penggunaan Alasan Penggunaan Manfaat
Food Processor Menghaluskan bawang hingga konsistensi yang halus Mempercepat proses penghalusan bawang dan menghasilkan hasil yang halus Memastikan bawang tergiling secara merata dan memberikan tekstur yang halus
Chopper Mencincang bawang kasar Mempermudah dan mempercepat proses pencincangan bawang Menghasilkan bawang yang dicincang kasar dan harga lebih murah
Blender Menghaluskan bawang hingga konsistensi yang halus Mencapai hasil yang halus dengan cepat dan mudah Menghasilkan bawang yang terhalus dan merata dalam waktu singkat
Pisau Memotong dan mencincang bawang Penggunaan yang fleksibel dalam memotong dan mencincang bawang Memungkinkan kontrol yang lebih tepat dalam ukuran potongan bawang.

 

Print
clock clock iconcutlery cutlery iconflag flag iconfolder folder iconinstagram instagram iconpinterest pinterest iconfacebook facebook iconprint print iconsquares squares iconheart heart iconheart solid heart solid icon

Resep Baceman Bawang Putih


5 Stars 4 Stars 3 Stars 2 Stars 1 Star

No reviews

  • Author: Utari K.A
  • Total Time: 10 Minutes
  • Yield: 1 1x
  • Diet: Vegan

Description

Berikut adalah cara membuat resep baceman bawang yang biasa digunakan untuk menumis nasi goreng, mie tek tek yang berfungsi untuk memberikan rasa lebih enak dan gurih pada masakan.


Ingredients

Scale
  • 1 Bonggol Bawang putih
  • 2 Butir Kemiri
  • 1 liter Minyak Goreng
  • 1 Sdm Minyak Wijen

Instructions

  • Kupas bawang putih, cuci dengan bersih, lalu keringkan dengan tisu kering hingga benar-benar kering

  • Cincang bawang putih hingga ukuran kecil-kecil

  • Masukan Kemiri Sebanyak 2 butir sembari mencincang

  • Tambahkan 1 Liter minyak goreng

  • Tambahkan 1 Sendok Makan Minyak Wijen

  • Diamkan Selama 1 Hari di tempat yang kering pada suhu ruang sekitar 20-25 C

  • Minyak baceman bawang putih siap digunakan

Notes

Pastikan tempat yang digunakan untuk menyimpan minyak, bawang putih, dan peralatan lainnya telah dikeringkan secara sempurna agar resep berhasil.

  • Prep Time: 5 Minutes
  • Cook Time: 5 Minutes
  • Category: Bumbu
  • Method: Bumbu
  • Cuisine: Indonesia

Apakah Minyak Baceman Bawang Putih aman dikonsumsi?

Ya Iyalah, Minyak Baceman Bawang Putih aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Namun, kalau lo memiliki alergi atau masalah kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter.

Berapa lama Minyak Baceman Bawang Putih dapat disimpan?

Minyak Baceman Bawang Putih dapat disimpan hingga 3 bulan kalau lo simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Apakah Minyak Baceman Bawang Putih dapat digunakan untuk menggantikan bawang putih segar dalam resep?

Yoi, lo dapat menggunakan Minyak Baceman Bawang Putih sebagai pengganti bawang putih

0Shares

Leave a Comment